18 Januari 2024 – BBPPT kembali mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis pada tanggal 18 Januari 2024 yang bertempat di Avenzel Hotel Cibubur. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh banyak partisipan baik offline maupun online.

LAYANAN PENGUJIAN PERANGKAT/ALAT TELEKOMUNIKASI OLEH BBPPT

Pada sosialisasi tersebut, pihak BBPPT memaparkan mengenai petunjuk pelaksanaan pengujian perangkat dan/atau alat telekomunikasi. Untuk pengujian, BBPPT memaparkan bahwa terdapat 2 layanan pengujian yang dapat dilakukan, yaitu pengujian laboratorium (in house test) dan pengujian lapangan (on site).

Pada alur pengujian baik pada pengujian laboratorium (in house test) ataupun pengujian lapangan (on site), kini telah ditiadakannya verifikasi fungsi yang bertujuan untuk menekan biaya yang dikeluarkan dan juga mempercepat proses pengujian. Sebagai gantinya, aplikan diberikan waktu 10 hari untuk setting ulang barang uji atau 5 hari untuk melakukan perbaikan/penggantian barang uji. 

Dikarenakan telah ditiadakannya verifikasi fungsi, maka pada saat pengujian berlangsung diharapkan tim teknisi dapat hadir untuk mendampingi baik offline ataupun online agar ketika terjadi kendala pada saat pengujian dapat langsung diatasi.

Baca Juga : SDPPI MEWAJIBKAN PENGUJIAN EMC FULL PARAMETER

Berbicara mengenai durasi waktu pengujian, pihak BBPPT memaparkan bahwa yang sebelumnya menghabiskan waktu 17 hari kerja, kini dipersingkat dengan membagi waktu pengujian menjadi cluster, berdasarkan fungsi yang dimiliki oleh alat/perangkat telekomunikasi.

INTEGRASI SIMPEL DENGAN SERTIFIKASI NEXT GEN

Ide utama dari adanya integrasi SIMPEL dan Sertifikasi Next Gen ialah pelayanan satu pintu dimana bertujuan untuk memudahkan aplikan dalam submit dokumen-dokumen pengajuan sertifikasi SDPPI. Dalam penerapannya, aplikan hanya cukup membuka aplikasi Sertifikasi Next Gen, lalu klik ‘Ya’ pada bagian menu ‘Memilih data dari BBPPT’, dan semua data yang telah terisi pada awal pengisian data ketika Uji, akan langsung terisikan secara otomatis. Sehingga, aplikan hanya perlu melengkapi data yang belum terisi.

RENCANA PENGUJIAN SAR

Rencana mengenai pengujian SAR yang rencananya diberlakukan pada 1 Desember 2023, kini diundur dikarenakan kesiapan laboratorium masih dalam tahap evaluasi dan persiapan. Hingga saat ini masih belum ditentukan tanggal pasti mengenai pengujian SAR di BBPPT. Untuk pengujian fitur SAR rencananya akan ada pada cluster pengujian 15 hari kerja.

Baca Juga : DESEMBER 2023, PENGUJIAN SAR SIAP DILAKSANAKAN

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih.

Jika Anda membutuhkan Jasa Sertifikasi Persetujuan Jenis (Type Approval) Postel / SDPPI atau ingin berkonsultasi terlebih dulu, Anda dapat menghubungi kami di:

This image has an empty alt attribute; its file name is logo-whatsapp-business-png-18.webp

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Cerapproval
× Diskusi sertifikat SDPPI